Berbagi Ilmu lewat Blog

Menurut gue banyak sekali media elektronik yang bisa digunakan untuk berbagi ilmu, terutama di Zaman Modern, yang mana banyak sekali generasi muda Indonesia yang asyik dengan dunia mayanya masing-masing. Hal tersebut dapat berdampak positif atau negatif. Nah, menurut gue, salah satu cara untuk mencegah dampak negatif yaitu pembelajaran melalui dunia maya atau internet ini.

Hal ini tentunya sangat berguna bagi generasi muda Indonesia, yang mana termasuk sebagai peringkat 8 dunia pengguna internet terbesar, sebagaimana kutipan berikut yang saya kutip dari okezone.com :

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mencatat saat ini pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, yakni mencapai 82 juta orang di triwulan pertama tahun 2014.
Dengan capaian tersebut, Indonesia kini berada pada peringkat 8 dunia. Jumlah tersebut tentu saja mengalami kenaikan dari tahun 2013 yang mencapai angka 71,19 juta orang, dan tahun 2012 berjumlah 63 juta orang.
Maka hasil tersebut diatas menguatkan niat gue, yaitu "Berbagi Ilmu lewat Posting Blog".

Berbagi ilmu disini, bukan berarti berbagi ilmu dalam konteks pendidikan formal saja, namun pendidikan yang nonformal pula. Seperti yang kita ketahui, sekarang ini banyak sekali pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari internet, terutama blog. Contohnya : rumus-rumus ilmu pasti, cara mengerjakan soal, tutorial membuat desain blog menjadi menarik, cara membuat suatu masakan, dan masih banyak lagi yang lain.

Lalu, bagaimana caranya agar generasi muda Indonesia ini tidak hanya tertarik kepada permainan/hiburan dunia maya?

Tentunya dengan membuat berita yang sedemikian rupa kita buat menjadi menarik untuk dibaca kaula muda. Seperti halnya fakta-fakta menarik dunia, hal-hal yang masih dianggap misterius di dunia, dll. Bisa juga melalui pendidikan multimedia, dimana anak diajarkan sebuah rumus melalui permainan yang unik. Jangankan anak-anak, remaja-remaja, bahkan orang dewasa pun masih tertarik untuk menambah ilmunya melalui permainan. Tentunya, dengan cara ini, orang tidak akan bosan dengan memainkan permainan yang menambah ilmu tersebut, bahkan gue yakin banyak orang yang tertarik.

Hal ini pun mendukung, bagi orang yang dalam perjalanan dan tidak bisa menonton televisi. Karna dengan internet, terkhususnya dengan blog. Mereka tetap tidak akan ketinggalan berita terkini yang sedang hangat-hangatnya beredar, dengan membaca postingan blog. Dan dengan membaca di blog, terkadang beberapa orang pun terhibur dengan desain blog yang menarik, sehingga membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca posting hingga habis, dan tentunya kualitas posting yang diutamakan disini, yaitu menarik atau tidaknya.

Untuk memperkuat posting ini gue mau berbagi permainan online yang berguna dan membuat wawasan dan otak kita terasah, seperti berikut ini :


  • Quiz Parampaa
Parampaa 1

Pada game ini otak pemain akan terasah, karna dipermainan ini, pemain akan dibawa pada situasi pemecahan masalah, yang mana pemikiran orang 1 dan 2 bisa berbeda, tapi jalan keluar tetap sama.

http://parampaa.net/


  • Quiz Parampaa 2
Parampaa 2

Ini merupakan game lanjutan dari parampaa 1. Permainan yang lebih menarik dari sebelumnya, dan tak luput untuk membuat si pemain memutar otak 2 kali untuk memecahkan masalah pada permainan ini.

http://parampaa.net/qp2.html


  • Who Wants To Be A Millionare Indonesia
WWTBAMI

Pada game ini banyak bisa kita dapatkan wawasan dan ilmu seputar Indonesia maupun Dunia. Selain mengasyikkan kita juga mendapatkan ilmu. Game ini diproduksi oleh Saxono Production - Download disini

Bagaimana??? Dengan begini kita bisa mendapatkan pendidikan formal maupun nonformal dari internet, khususnya blog. Menarik bukan???

Semoga Bermanfaat !!!

Komentar

  1. Wuih. Dulu pas SMA gue seneng banget tuh main Parampa. Malah hampir jadi viral di sekolahan. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, kalau disekolahan gue masternya parampaa. Semua trik parampaa udah gue pecahin. So, pamer-pamer dikit lah ke yang lain #asseekk

      Hapus
  2. wihh,ini nih parampaa! suka banget dulu. Bikin penasaran sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bikin penasaran... Kaya gebetan yang ngegantung hubungan #Okesip

      Hapus
  3. Dulu seneng banget main WWTBAMI sambil berharap dapet uang beneran XD

    BalasHapus

Posting Komentar

Yang penting sopan. nggak ada spam dan link aktif.

Salam Penting,
@ajefathoni

Postingan populer dari blog ini

Kecoa Mode On (8 Jenis Kecoa di Dunia)

Naskah Drama - Putus Cinta? No! Putus Narkoba? Yes!

12 Ikon Kota Palangka Raya